Senin, 28 Mei 2018

Ciri Ciri Keputihan Normal dan Tidak Normal Yang Perlu Anda Ketahui

Keputihan adalah hal yang wajar terjadi pada setiap wanita. Kondisi ini bisa muncul saat terangsang secara seksual, hamil, menggunakan KB hormonal, dan saat menjelang menstruasi.


Setiap wanita pasti pernah mengalami keputihan. Meski demikian, kondisi ini sering menimbulkan rasa was-was. Pasalnya, tidak sedikit dari mereka yang belum mengetahui mana keputihan normal dan mana yang tidak. Anda salah satunya ?




Keputihan Normal
Keputihan nomal biasanya terjadi dua minggu menjelang masa haid berikutnya. Mereka yang sedang hamil juga bisa mengalami kondisi ini. Demikian pula pada wanita yang menggunakan KB hormonal (pil).

Cairan yang keluar saat keputihan memiliki fungsinya sendiri. Salah satunya adalah sebagai pelumas ketika berhubungan seksual. Di samping itu, cairan yang sifatnya cenderung asam ini juga bermanfaat untuk melindungi daerah kewanitaan dari serangan kuman penyebab infeksi.

Pada keputihan normal, cairan yang keluar berwarna bening hingga keputih-putihan. Teksturnya kental atau seperti lendir dan tidak berbau. Jika sudah mengering, keputihan yang mengenai pakaian dalam akan tampak seperti bercak kekuningan.

Normalnya, produksi lendir keputihan adalah sekitar 2-5 ml per hari, atau setara dengan 1-1,5 sendok teh. Namun demikian, jumlah ini dapat berubah-ubah. Salah satu kondisi yang menyebabkannya adalah rangsangan seksual, di mana hal ini berkaitan dengan fungsi lendir keputihan sebagai cairan pelumas.

Jika tanda keputihan yang Anda alami sama seperti di atas, maka Anda tak perlu khawatir. Itu adalah tanda keputihan normal.

Keputihan Abnormal

Sebagian besar keputihan dianggap wajar dan aman apabila terjadi pada saat stres, kehamilan, atau aktivitas seksual. Namun, ada baiknya Anda periksakan ke dokter jika keputihan yang terjadi disertai gejala-gejala seperti vagina terasa sakit, warnanya tidak putih, dan berbau tak sedap. Kondisi ini biasa diketahui sebagai keputihan patologis.

Berikut merupakan beberapa ciri dan gejala keputihan yang tidak normal:
  • Keputihan yang berwarna coklat dan berdarah, biasanya disertai sakit pada bagian panggul dan jadwal menstruasi Anda tidak teratur. 
  • Cairan keputihan yang keluar berwarna keruh seperti abu-abu atau kekuningan, dapat menandakan adanya penyakit menular seksual seperti gonore. Kondisi keputihan ini kadang juga disertai rasa sakit di bagian panggul dan saat Anda kencing. 
  • Jika cairan keputihan Anda keluar dalam jumlah yang banyak dan dibarengi dengan vagina yang membengkak, nyeri di sekitar vulva, dan gatal-gatal, hal itu bisa disebabkan oleh infeksi jamur vagina 
  • Sedangkan jika keputihan Anda berwarna putih, abu-abu, atau kuning dengan aroma yang amis atau asam, hal itu bisa disebabkan oleh bacterial vaginosis. Kadang kondisi ini juga disertai rasa gatal dan merah di area vagina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Waspadalah Jangan Sepelekan Terhadap Gejala Keputihan

Keputihan dapat disebabkan oleh proses normal tubuh maupun oleh infeksi. Keputihan akibat infeksi paling sering disebabkan oleh tiga jenis...